Aktivitas edukasi STEM untuk sekolah sekitar Observatorium Bosscha untuk membangun awareness tentang dampak polusi cahaya
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Hesti Retno Tri Wulandari



Ringkasan Kegiatan

Observatorium Bosscha yang tahun ini berusia 101 tahun merupakan objek vital nasional dan benda cagar budaya tingkat nasional dan kabupaten. Observatorium ini masih berfungsi sebagai laboratorium pendidikan dan penelitian yang aktif di bawah FMIPA – ITB, namun lingkungan di sekitarnya telah mengalami polusi cahaya yang parah. Berbagai peraturan, mulai dari peraturan presiden, perda provinsi dan kabupaten telah dikeluarkan untuk melindungi fungsi Observatorium Bosscha, namun pada kenyataannya sering tidak ditaati di lapangan. Persoalan ini harus ditangani pada berbagai level, baik kebijakan policymaupun operasional, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak yang berkepentingan. Hal tersebut telah dan sedang ditempuh oleh Observatorium dengan arahan dan koordinasi dengan FMIPA dan ITB. Program PPM ITB 2024 ini merupakan sebagian dari upaya tersebut. Strategi yang diusulkan dalam proposal ini pada dasarnya adalah penggalangan dukungan dari lingkungan terdekat untuk keberlangsungan fungsi Observatorium. Dukungan akan datang, jika kehadiran Observatorium dirasa manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Kegiatan yang diusulkan di proposal berupa kerjasama dengan sekolah yang lokasinya berdekatan dengan Observatorium Bosscha dalam menyelenggarakan aktivitas STEM (sciencetechnologyengineeringmathematics) untuk membangkitkan awareness siswa dan guru sekolah mengenai dampak polusi cahaya.

Target dari kegiatan ini adalah siswa dan guru SDN Pancasila dan SDN Merdeka di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang. Pendekatan yang digunakan adalah simbiosis mutualisme: sekolah mendapat manfaat kegiatan pembelajaran sains dari para ahli di ITB, sementara Observatorium Bosscha mendapat kesempatan untuk sosialisasi dalam rangka membangun awareness mengenai dampak polusi cahaya dan dukungan untuk kelangsungan fungsinya.

Secara ringkas cara-cara yang ditempuh meliputi:

  • Mengundang siswa dan guru sekolah target untuk mengunjungi Observatorium Bosscha.
  • Tim Observatorium Bosscha datang ke sekolah dan mengadakan aktivitas STEM terkait polusi cahaya dan dampaknya.
  • Mengangkat siswa dan guru menjadi duta anti polusi cahaya untuk lingkungan terdekatnya. Hasil capaian diperlombakan.
  • Berkolaborasi dengan mata kuliah AS2005 Astronomi Lingkungan dan AS3002 Manajemen Institusi Astronomi dalam pelaksanaannya
  • Berkolaborasi dengan dosen KK Ekologi, SITH ITB untuk aktivitas terkait dampak polusi cahaya pada makhluk hidup
  • Membuka kesempatan mahasiswa untuk terlibat dalam skema MBKM, di mana keikutsertaan diekuivalensikan dengan Kuliah KU3025 Studi/Proyek Independen B (2 sks).
  • Program dapat terus dilakukan di tahun yang akan datang. Kegiatan, bahan, dan materi yang disusun dapat digunakan berikutnya untuk sekolah lain dan dikembangkan untuk jenjang sekolah berikutnya (SMP dan SMA) di sekitar Observatorium.



Capaian

- membangun kesadaran (awareness) guru dan siswa sekolah yang berlokasi sangat dekat dengan Observatorium Bosscha mengenai dampak polusi cahaya



Testimoni Masyarakat

Tercapainya simbiosis mutualisme dalam rangka menjaga fungsi Observatorium Bosscha.