Peningkatan Literasi Sains bagi Guru SMP dan SMA di Kabupaten Muna  melalui Metode Pembelajaran Kreatif
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Fifi Fitriyah Masduki



Ringkasan Kegiatan

Lokakarya Peningkatan Literasi Sains bagi Guru SMA di Kabupaten Muna melalui Metode Pembelajaran Kreatif

Lokakarya pengabdian masyarakat diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2024 di Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains di kalangan guru SMA melalui metode pembelajaran yang kreatif. Selain itu lokakarya juga diikuti oleh siswa SMA kelas 12 yang mengikuti sesi berbagi pengalaman dan peningkatan motivasi siswa SMA untuk belajar Kimia. Sebanyak kurang lebih 60 guru dan lebih dari 60 siswa dari berbagai SMA di Kabupaten Muna turut berpartisipasi. Guru dan siswa yang hadir merupakan perwakilan dari SMA Negeri di Kabupaten Muna yaitu dari SMA Negeri 1 Raha, SMA Negeri 2 Raha, SMA Negeri 1 Lohia, SMA Negeri 1 Watoputih, SMA Negeri 1 Kontunaga dan SMA Negeri 1 Napabalano.

Lokakarya yang diprakarsai oleh Kelompok Keahlian Biokimia dan Rekayasa Biomolekul Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menanggapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan inovatif dalam pendidikan sains di daerah tersebut. Program lokakarya meliputi beberapa sesi utama:

  • Berbagi Pengalaman dan Motivasi: Akademisi dan pendidik berbagi pengalaman mereka dalam pendidikan sains, memotivasi guru untuk menumbuhkan kecintaan sains pada siswa. Sesi ini juga mencakup demonstrasi eksperimen kimia yang menarik menggunakan bahan sederhana dan mudah diakses.
  • Metode Pembelajaran Kimia Kreatif: Lokakarya memperkenalkan strategi pengajaran inovatif, termasuk pengenalan program Magister Pengajaran Kimia ITB yang mendorong pengembangan profesional. Peserta mempelajari konsep-konsep dasar kimia yang menarik, mengatasi kesalahpahaman umum, dan mengintegrasikan aplikasi kimia dunia nyata, seperti di bidang pertambangan.
  • Bagaimana Membuat Soal/Assessment yang Baik: Sesi ini berfokus pada metode penilaian yang efektif, metode pembuatan soal yang dapat menguji kemampuan siswa dengan baik, membekali guru untuk membuat evaluasi yang relevan dan komprehensif guna mengukur pemahaman siswa secara akurat.
  • Penerapan AI dalam Pembelajaran Kreatif: Lokakarya mengeksplorasi potensi Kecerdasan Buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran, menunjukkan alat-alat yang dapat menghemat waktu dan memberikan pengalaman belajar yang personal.

Lokakarya ini mendapat sambutan positif, dengan guru merasa lebih percaya diri dalam menerapkan strategi pengajaran inovatif dan memanfaatkan AI secara efektif. Keberhasilan program ini menunjukkan potensi replikasi dan perluasannya untuk meningkatkan pendidikan sains di daerah lain. Dampak jangka panjang terhadap pendidikan sains di Kabupaten Muna diharapkan signifikan, berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam sains.



Capaian

Peningkatan kompetensi guru dan motivasi dalam tugas pendidikan, pengembangan kreativitas dalam pengajaran Kimia



Testimoni Masyarakat

Lokakarya ini mendapat sambutan positif, dengan guru merasa lebih percaya diri dalam menerapkan strategi pengajaran inovatif dan memanfaatkan AI secara efektif. Keberhasilan program ini menunjukkan potensi replikasi dan perluasannya untuk meningkatkan pendidikan sains di daerah lain. Dampak jangka panjang terhadap pendidikan sains di Kabupaten Muna diharapkan signifikan, berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam sains.