Erma Suwastika
Pandemi yang terjadi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pola pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan. Pengaruh yang paling terasa adalah perubahan cara penyampaian dari luring menjadi daring. Salah satu hal yang dilakukan untuk mendukung pengadaan kelas secara daring adalah penggunaan perangkat lunak dalam kelas untuk membantu penggambaran konsep-konsep matematika.
Inovasi kecerdasan buatan saat ini merambah ke berbagai bidang, dari mulai seni, ekonomi, dan juga termasuk pendidikan. Mengingat perguruan tinggi/sekolah mendidik generasi berikutnya untuk menjadi tenaga kerja baru bagi industri dan peneliti yang memiliki pengetahuan dan ilmu yang mendukung, penyesuaian kompetensi mereka dengan kecepatan perubahan ini sangat diperlukan.
Untuk mendukung hal tersebut, banyak peneliti dan institusi berupaya untuk membangun suatu sistem pendidikan yang inovatif, sehingga dengan mudah dapat memperluas dan meningkatkan luaran dari pendidikan. Program pendidikan non-konvensional seperti pendidikan digital dirancang agar dapat memperluas dan meningkatkan keluaran dari pendidikan, terutama pada bidang matematika.
Kebutuhan pendidikan matematika yang dapat mengikuti perkembangan teknologi yang cepat akan terus berjalan. Hal ini menunjukkan pentingnya salah satu pilar di pendidikan matematika, yaitu dosen/pengajarnya yang selalu mengembangkan pengetahuan matematikanya dan memahami/mengetahui perkembangan teknologi ini.
Penggunaan perangkat lunak dan kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran matematika juga penting karena kedua alat tersebut dapat digunakan oleh siapapun, termasuk siswa kelas, sehingga pengajar sebaiknya mengintegrasikan keduanya ke dalam proses pembelajaran, baik sebagai metode pembelajaran ataupun sebagai alat untuk membantu mengonstruksi soal-soal evaluasi yang tidak dapat dengan mudah diselesaikan oleh perangkat lunak dan kecerdasan buatan.
Memberikan pelatihan dengan target guru-guru SMA di seluruh Indonesia
Menambah pengetahuan dan wawasan kepada guru-guru matematika SMA, sehingga bisa diaplikasikan kepada para murid demi kemajuan pendidikan matematika. Membentuk jejaring antara KKMK dengan guru-guru matematika SMA.