STEP K-12 - Empowering the Young Generation with System Thinking for K-12
Nama Peneliti (Ketua Tim)

Khrisna Ariyanto



Ringkasan Kegiatan

This study introduced systems thinking to develop collaborative leadership in high school students through a one-day workshop. Combining theory and a game-based learning approach, the adapted Soda Game simulation highlighted supply chain dynamics and the importance of collaboration. Results showed a 30% reduction in operational costs between rounds, demonstrating improved decision-making and teamwork. Discussions emphasized the practical application of systems thinking in leadership and suggested enhancing future workshops with greater scenario complexity and reflective activities.



Capaian

Meningkatkan pemahaman siswa SMA tentang systems thinking untuk membentuk karakter kepemimpinan kolaboratif dan adaptif. Memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan, komunikasi, dan kolaborasi melalui simulasi Soda Game. Mengidentifikasi dampak workshop terhadap peningkatan kompetensi siswa dalam bekerja sama dan memecahkan masalah secara sistematis. Memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan, komunikasi, dan kolaborasi melalui simulasi Soda Game. Mengidentifikasi dampak workshop terhadap peningkatan kompetensi siswa dalam bekerja sama dan memecahkan masalah secara sistematis.



Testimoni Masyarakat

Memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk memahami dinamika sistem dan pentingnya kolaborasi. Membentuk karakter pemimpin masa depan yang mampu berpikir kritis dan bekerja sama secara efektif. Mendukung implementasi kurikulum tematik melalui pendekatan belajar berbasis pengalaman.