Sutiadi Rahmansyah
Pemasaran produk melalui media sosial menjadi strategi pemasaran termudah dan termurah dibandingkan dengan strategi konvensional karena tidak harus memiliki toko secara fisik. Akan tetapi, pelaku usaha memerlukan pemahaman yang baik mengenai strategi penggunaan media sosial agar sukses menarik pelanggan. Tujuan utama pengabdian masyarakat ini ialah mengedukasi para pengusaha UMKM di Manggar, Belitung Timur agar mampu bersaing di pasar digital. Metode pengabdian masyarakat ini berupa metode FGD, ceramah (pelatihan) dan diskusi. Strategi yang diberikan mencakup pemahaman tentang suhu pasar, posting, giveaway dan list building. Diharapkan setelah pelatihan ini, pelaku UMKM di Manggar, Belitung Timur dapat meningkatkan penjualannya. Selain itu, produk mereka akan dikenal luas, tidak hanya di pasar nasional tetapi juga di pasar internasional
Meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan pelaku UMKM dalam pemanfaatan media sosial. Mengedukasi UMKM agar mampu memanfaatkan teknologi terutama dalam pemasaran produk melalui sosial media. Meningkatkan penjualan produk UMKM di Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Membantu pemulihan ekonomi di Manggar, Kabupaten Belitung Timur.
Kegiatan ini diharapkan sudah sejalan dengan roadmap Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Kemanusiaan ITB untuk pelaksanaan tahun 2024, yaitu penguatan UMKM industri kreatif/pangan pasca pandemi. Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan ini diharapkan mampu menunjang 3 (tiga) hal: Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Kerja Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Kemanusiaan, FSRD 2024, Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (PPMI) 2024 Institut Teknologi Bandung. Dengan hadirnya peserta dari pelaku UMKM, wakil pemerintah, dan organisasi masyarakat setempat diharapkan akan memperkuat adanya kerjasama pentahelix yang baik di antara pelaku usaha, pemerintah, akademisi dan organisasi masyarakat yang akan sangat membantu kemajuan dan keberadaan UMKM kuliner di Belitung Timur.